Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18332
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAHMAD PURBA, UMAR-
dc.date.accessioned2022-08-02T01:59:48Z-
dc.date.available2022-08-02T01:59:48Z-
dc.date.issued2021-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18332-
dc.description.abstractPermasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persoalan matematika serta lemahnya pola pikir siswa secara analitik yang mengakibatkan keaktifan, inovasi dan kreativitas dalam belajar menurun. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah model problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematika, (2) Apakah model problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitik siswa, (3) Apakah pembelajaran Kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematika, (4) Apakah pembelajaran Kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kualasimpang tahun ajaran 2020/2021 sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIC SMPN 2 Kualasimpang. Kelas eksperimen I diberikan model pembelajaran PBL dan kelas eksperimen II diberikan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Analisis data dilakukan dengan uji paired t-test dan normalized gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematika, (2) Model pembelajaran problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitik siswa, (3) Pembelajaran Kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematika, (4) Pembelajaran Kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswaen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectKemampuan Menyelesaikan Masalahen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Analitiken_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectSTADen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIK SISWAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS PDF.pdf2.43 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.