Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18315
Title: PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI
Authors: YUSN, HAFIZA
Keywords: Model Problem Based Learning;Kemampuan Spasial Matematis;Disposisi Matematika Siswa
Issue Date: 12-Nov-2020
Abstract: HAFIZA YUSNI. 1620070008. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Spasial dan Disposisi Matematika Siswa SMA Negeri 1 Labuhan Deli. Tesis. Medan: Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan spasial matematis, (2) pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap disposisi matematika siswa, (3) Interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan spasial matematis, dan (4) Interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap disposisi matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan awal matematika siswa (pretest) (2) tes kemampuan Spasial Matematika (postest), dengan pokok bahasan bangun ruang (3) angket disposisi matematikasiswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan two way anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan spasial matematis. Hal ini terlihat dari hasil two way anova dengan mengabaikan pengaruh KAM dari model terlihat bahwa angka signifikasi adalah 0,000. Angka 0,000 lebih kecil dari berarti ditolak, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap disposisi matematika siswa. Hal ini terlihat dari hasil two way anova dengan mengabaikan pengaruh KAM dari model terlihat bahwa angka signifikasi adalah 0,788. Angka 0,788 lebih besar dari berarti diterima, (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan model terhadap kemampuan spasiial matematis, dan (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dengan model pembelajaran terhadap disposisi matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar model Problem Based Learning pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan spasial dan disposisi mateatika siswa sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18315
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis Hafiza Yusni.pdf4.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.