Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1820
Title: Upaya Peningkatan Sikap Menghargai Orang Lain Melalui Penerapan Metode Diskusi Pada Anak Di Ra Babul Ilmi Rantauprapat
Authors: Hanim, Fauziah
Keywords: Sikap Menghargai Orang Lain;Penerapan Metode Diskusi
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Rendahnya sikap menghargai orang lain pada anak di RA Babul Ilmi Rantauprapat sangat perlu diatasi dengan upaya tindakan yang sistematis. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap menghargai orang lain pada anak melalui penerapan metode diskusi. Subjek penelitian ini adalah anak di RA Babul Ilmi Rantauprapat yang berjumlah sebanyak 17 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian berupa observasi, dokumentasi dan tanya jawab. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sikap menghargai orang lain pada anak dapat ditingkatkan melalui metode diskusi. Kegiatan diskusi yang dilakukan dengan langkah-langkah yang baik dan terbimbing mampu memunculkan berbagai sikap dalam kelompok. Proses interaksi anak dalam kegiatan diskusi membuat anak belajar mengembangkan sikap toleransi yaitu menghargai perbedaan dengan bersabar, mengembangkan sikap tenggang rasa dan menahan emosi ketika melihat adanya perbedaan, serta tidak mudah menghina dan memaksakan kehendak pada orang lain untuk kepentingan diri sendiri. Tingkat capaian hasil sikap anak pada saat prasiklus sebesar 23,53 % dengan kategori penilaian “Kurang”. Pada siklus I sikap menghargai orang lain pada anak meningkat menjadi 50,00 % dengan kategori “Cukup”. Peningkatan yang terjadi pada siklus II semakin baik sebesar 85,25 % dan siklus III sebesar 94,12 % dengan kategori yang sama “Baik Sekali”. Dengan demikian, guru harus terus berupaya meningkatkan sikap menghargai anak melalui berbagai kegiatan atau penggunaan metode belajar yang tepat.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1820
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.