Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18171
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | YUNINGSIH, ATIKA | - |
dc.date.accessioned | 2022-06-03T04:42:14Z | - |
dc.date.available | 2022-06-03T04:42:14Z | - |
dc.date.issued | 2022-06-03 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18171 | - |
dc.description.abstract | Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode muthala’ah pada mata pelajaran bahasa arab siswa kelas IX di SMP IT Al-Jawahir. Fokus masalah yang akan dikaji yaitu: 1) Bagaimana perencanaan metode muthala’ah pada mata pelajaran bahasa arab di SMP IT Al-Jawahir. 2) Bagaimana pelaksanaan metode muthala’ah pada mata pelajaran bahasa arab di SMP IT Al-Jawahir. 3) Bagaimana penggunaan metode muthala’ah pada mata pelajaran bahasa arab di SMP IT Al-Jawahir. 4) Bagaimana evaluasi dalam penggunaaan metode muthala’ah di SMP IT Al-Jawahir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yakni, tahap pendahuluan (persiapan), pengembangan rancangan, dan pelaksanaan penelitian. Objek penelitian ialah kepala sekolah, guru mata pelajaran bahasa arab dan peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi : wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil peneltian ini diketahui bahwa penggunaaan metode muthala’ah pada mata pelajaran bahasa arab siswa kelas IX di SMP IT Al-Jawahir meliputi: guru melakukan perencanaan terlebih dahulu atau menyiapkan kerangka belajar dengan metode muthala’ah pada mata pelajaran bahasa arab sebelum melakukan proses belajar mengajar. dan setelah itu pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dengan metode muthala’ah guru memilih salah satu siswa untuk dijadikan alat atau contoh bagi siswa lainnya, dan guru bahasa arab tidak hanya menggunakan siswa saja untuk dijadikan alat, akan tetap menggunakan alat lainnya seperti infokus, atau lainnya. Guru melaksanakan pembelajaran dengan menyuruh siswa untuk membaca bagian dari pembahasan baru. Dalam penggunaan metode muthala’ah pada mata pelajaran bahasa arab yakni dengan Tajmi, yaitu membaca dengan melakukan terlebih dahulu, menampilkan huruf-huruf terpisah, lalu siswa-siswa menyatukannya dalam bentuk jumlah atau kalimat yang sempurna dan latihan membaca cepat. Kemudian dengan muwa’imah/muwafiqah yaitu latihan dengan melakukan penglihatan dan membaca cepat dan terakhir melakukan evaluasi dalam pembelajaran agar mengetahui hasil dari proses belajar mengajar pada saat pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode muthala’ah dengan melaksanakan kuis atau pertanyaan-pertanyaan tentang pembelajaran yang telah dilakukan seperti: tebak arti, tanya jawab antar guru dan siswa dan juga melakukan ulangan harian. | en_US |
dc.subject | Penggunaan Metode Muthala’ah Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab | en_US |
dc.title | Penggunaan Metode Muthala’ah Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas IX SMP IT Al-Jawahir | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
PERBAIKAN skripsi umsu.pdf | Full Teks | 2.77 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.