Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18170
Title: Analisis Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di SMP IT AL-Jawahir
Authors: NINGRUM, HENITA
Keywords: Analisis rendahnya;minat belajar
Issue Date: 3-Jun-2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang ditempuh guru bahasa arab dalam membangkitkan minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab di SMP IT Al-jawahir, untuk mengetahui bagaimana metode guru dalam pembelajaran muhadatsah, untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh guru dalam upaya membangkitkan minat belajar siswa. Penilitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. uji keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjang kehadiran, meningkatkan ketekunan, dan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) upaya yang dilakukan oleh guru dalam membangkitkan minat belajar siswa dengan mempersiapkan pembelajaran sebelum pelajaran dimulai, menggunakan metode-metode yang menarik, menjelaskan dahulu pembelajaran bahasa arab, memberikan motivasi kepada siswa agar lebih mencintai pelajaran bahasa arab, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. (2) mempersiapkan materi untuk muhadatsah, menyesuaikan muhadatsah dengan taraf kemampuan siswa, meminta siswa untuk menghafalkan muhadatsah dan mempraktekkannya di depan kelas secara bergantian. (3) kendala yang sering terjadi menurut sebagian besar siswa bahwa bahasa arab sulit, dan kebanyakan dari siswa juga dari sekolah SD yang memang tidak pernah belajar bahasa arab.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18170
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi henita.pdfFull Teks2.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.