Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1814
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHasibuan, Nurhayani-
dc.date.accessioned2020-03-03T13:54:59Z-
dc.date.available2020-03-03T13:54:59Z-
dc.date.issued2018-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1814-
dc.description.abstractTujuan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan adalah untuk meningkatkan kecerdasan logika-matematika anak melalui kegiatan berfikir logis dengan media bermain balok di RA Umratul Hidayah Rantauprapat. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas melalui tiga siklus dengan alat instrumen penilaian lembar observasi anak. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 17 anak dengan 10 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan kegiatan berfikir logis melalui media bermain balok dapat meningkatkan kecerdasan logika-matematika pada anak kelompok B di RA Umratul Hidayah Rantauprapat. Tingkat kecerdasan logika-matematika anak pada kegiatan sebelum tindakan sebesar 22,06 % dengan kategori kurang. Kemudian melalui tindakan pada siklus I peningkatan kecerdasan logika-matematika anak mengalami peningkatan sebesar 44,12 dengan kategori cukup, dan meningkat kembali setelah tindakan siklus II sebesar 64,70 dengan kategori baik. Peningkatan kecerdasan logika-matematika anak semakin menunjukkan hasil yang lebih baik pada siklus III yaitu sebesar 91,17 % dengan kategori baik sekali. Oleh sebab itu, disarankan kepada guru RA Umratul Hidayah Rantauprapat agar dalam mengajarkan konsep bentuk benda dan bilangan menggunakan media yang menarik bagi anak dan juga mampu meningkatkan pemahaman konsep bentuk dan bilangan pada anak usia dini.en_US
dc.subjectLogika Matematikaen_US
dc.subjectBermain Baloken_US
dc.subjectBerfikir Logisen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Logika-Matematika Melalui Kegiatan Berfikir Logis Di Ra Umratul Hidayah Rantauprapat.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.