Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18122
Title: STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 4 MEDAN
Authors: AVILA, FANNY
Keywords: Kemampuan;Membaca Al-Qur’an
Issue Date: 2-Jun-2022
Abstract: Pokok masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan kompetensi membaca Al-Qur’an siswa, dan apa saja faktor yang mendukung serta yang menghambat strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan kompetensi membaca Al-Qur’an siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu koleksi data, kondensasi data, data display, dan data penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi guru adalah: Pertama, guru mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan membaca Al-Qur’an, dengan menggunakan strategi sorogan, klasikal individu, dan klasikal baca simak. Metode yang digunakan metode Iqra, Qiro’ati, Tajwid, dan Hafalan. Kedua, guru membiasakan membaca Al-Qur’an sebelum memulai pelajaran. Ketiga, guru memberikan latihan hafalan Al-Qur’an. Sementara faktor pendukung strategi guru adalah orang tua, peranan dan perhatian kepala sekolah serta minat dan motivasi siswa untuk terus belajar Al-Qur’an dan faktor penghambat strategi guru adalah keterbatasan waktu dan keterbatasan sarana dan prasarana.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18122
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI Fanny avila.pdfFull Teks2.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.