Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18121
Title: Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Power Point Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Smp Muhammadiyah 4 Medan
Authors: GUSTINA, DEWI
Keywords: penerapan;media
Issue Date: 2-May-2022
Abstract: Penelitian ini meneliti tentang bagaimana penerapan metode demonstrasi berbantu media power point pada mata pelajaran fiqih di smp muhammmadiyah 4 medan yang beralamat di Jalan Kapten Muslim, Gg Jawa, Sei Sikambing, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan. Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu perkembangan zaman teknologi diera globalisasi yang berdampak pada pendidikan dimana, pendidikan sekarang hendaknya mengacu pada pola pendidikan abad 21 yang menitikberatkan kepada peserta didik untuk berpikir kritis dan mampu menggunakan teknologi informasi. Sehigga, guru dapat menerapkan metode demontrasi berbantu media powerpoint pada mata pelajaran fiqih dengan baik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara penerapan metode demonstrasi berbantu media powerpoint pada mata pelajaran fiqih di SMP Muhamamdiyah 4 Medan. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur yaitu : koleksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya penerapan metode demonstrasi berbantu powerpoint yang dilakukan guru dapat membantu proses pembelajaran terhadap siswa, sehingga siswa dapat menerima pembelajaran dengan baik didalam kelas. Hasil dari penelitian ini bahwa penerapan metode demonstrasi berbantu media powerpoint memudahkan guru ketika menyampaikan bahan ajar pada proses pembelajaran. Faktor pendukung dari penerapan metode demonstasi berbantu media powerpoint pada mata pelajaran fiqih. Yaitu siswa, guru serta alat parasarana yang mendukung. Problematika pada penerapan metode demonstasi berbantu media powerpoint yaitu persiapan guru dan peserta didik yang kurang matang dan sarana prasarana di sekolah kurang memadai seperti terbatasnya computer disekolah, terbatasnya alat proyektor didalam kelas serta kurangnya instasi listri atau penyambung arus listrik didalam kelas
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18121
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DEWI GUSTINA.pdfFull Teks2.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.