Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1811
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHarahap, Kalsum-
dc.date.accessioned2020-03-03T13:49:51Z-
dc.date.available2020-03-03T13:49:51Z-
dc.date.issued2018-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1811-
dc.description.abstractTujuan utama Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus pada anak melalui kegiatan mengeksplorasi benda di RA Nurul Ummi Labuhanbatu. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di RA Nurul Ummi Labuhanbatu yang berjumlah 15 anak dengan 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Alat pengumpulan data utama adalah lembar observasi anak yang terdiri dari empat indikator dengan empat aspek penilaian. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan motorik halus anak dengan kegiatan mengeksplorasi benda dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Hasil dari tindakan diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan motorik halus pada anak melalui kegiatan mengeksplorasi benda di RA Nurul Ummi Labuhanbatu. Pada kondisi prasiklus kemampuan motorik halus anak masih masih kurang dengan nilai 19,99 %. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I maka kemampuan anak meningkat menjadi 34,99 % dengan kriteria kurang, dan pada siklus II mencapai nilai 63,32 % dengan kriteria baik. Peningkatan kemampuan motorik halus semakin besar pada siklus III yaitu 88,32% dengan kriteria baik sekali. Dengan demikian, maka hipotesis tindakan yang menyatakan adanya peningkatan kemampuan motorik halus pada anak melalui kegiatan mengeksplorasi benda di RA Nurul Ummi Labuhanbatu dapat diterima.en_US
dc.subjectMotorik Halusen_US
dc.subjectEksplorasien_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mengeksplorasi Benda Pada Anak Kelompok B Di Ra Nurul Ummi Labuhanbatuen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.