Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18114
Title: PENGARUH KONDISI KEUANGAN PERUSAHAAN, OPINION SHOPPING TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKRTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020
Authors: RITONGA, SALFIA RIANA
Keywords: Kondisi keuangan perusahaan;opinion shopping
Issue Date: 31-May-2022
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk pengaruh kondisi keuangan perusahaan, opinion shopping terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan manufaktur sub sekrtor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020, baik itu secara parsial maupun secara simultan. Pennelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis linear berganda. Adapun hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara kondisi keuangan terhadap opini audit going concern pada Perusahaan makanan dan minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020 yang ditunjukan pada thitung lebih besar dari ttabel (3,816 > 2,001) dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji hipotesis ini menunjukkan bahwa secara parsial ada pengaruh signifikan kondisi keuangan terhadap opini audit going concern. Nilai Fhitung sebesar 11,862 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000, sedangkan Ftabel diketahui sebesar 2,77. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa Fhitung > Ftabel (11,862 > 2,77) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima jadi dapat disimpulkan bahwa variabel kondisi keuangan, opini shopping secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap opini audit going concern bersih pada Perusahaan makanan dan minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Nilai R-Square diatas adalah sebesar 36,1 % hal ini berarti bahwa 36,1 % variasi nilai laba bersih ditentukan oleh peran dari variasi nilai kondisi keuangan, opini shopping. Dengan kata lain kondisi keuangan, opini shopping dalam mempengaruhi opini audit going concern adalah sebesar 36,1% sedangkan sisanya 63,9% adalah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti laba bersih, agresivitas pajak dan lain sebagainya.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18114
Appears in Collections:Accounting

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SALFIA RIANA RITONGA.pdfFull Teks2.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.