Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1807
Title: Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dengan Metode Peer Teaching Di RA Ar-Rahim Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 20182019
Authors: Nurhasanah
Keywords: Interpersonal;Peer Teaching
Issue Date: 20-Feb-2018
Abstract: Rendahnya kecerdasan interpersonal anak di RA Ar-Rahim Binjai menyebabkan interaksi anak dengan anak lainnya menjadi kurang maksimal, anak kurang berbaur dan bersosialisasi dengan baik, kurang peduli dan cenderung menyendiri. Hal ini menuntut adanya upaya peningkatan kecerdasan anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak dengan metode peer teaching di RA Ar-Rahim Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif melalui pendekatan PTK yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencaanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di RA Ar-Rahim yang berjumlah sebanyak 24 anak. Untuk mendapatkan data penelitian maka digunakan teknik observasi, dokumentasi dan tanya jawab. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata klasikal dimana pada prasiklus nilai klasikal hanya sebesar 38,54 % yang kemudian mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 48,96 % dengan kriteria “Cukup”. Pada pelaksanaan tindakan kelas di siklus II tingkat capaian anak mengalami peningkatan yaitu mencapai 75,00 % dengan kategori “Baik” dan mengalami peningkatan kembali secara signifikan di siklus III sebesar 95,84 % dengan kategori “Baik Sekali”. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan metode peer teaching dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak di RA Ar-Rahim Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2018/2019.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1807
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.