Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18022
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHARAHAP, ANNISA PUTRI-
dc.date.accessioned2022-05-30T02:00:36Z-
dc.date.available2022-05-30T02:00:36Z-
dc.date.issued2022-05-30-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18022-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan Untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan berbasis TPACK dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan TPACK dan siswa yang tidak menggunakan pendekatan berbasis TPACK pada pembelajaran tematik kelas V tema 6 subtema 1 SD Swasta Yakhada kecamatan hamparan perak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri atas 44 siswa, sampel penelitian dipilih atas kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengambilan sampel penelitian pada populasi kelas, kelas V A sebanyak 23 siswa dan kelas V B sebanyak 21 siswa. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis uji-t. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, untuk menganalisis data hasil tes pembelajaran menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar atau rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 80,9 dan rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 90. Uji-t pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa t hitung 2,566 > t tabel 0,018 dalam taraf signifikan 5 %. Sedangkan pada kelas control menunjukkan bahwa t hitung 2,772 > t tabel 0,012 dalam taraf signifikan 5 %. Dengan demikian kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan pendekatan berbasis TPACK memiliki skor rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dalam pembelajarannya tanpa menggunakan pendekatan berbasis TPACKen_US
dc.subjectPendekatan TPACKen_US
dc.subjectHasil belajaren_US
dc.titleEfektivitas Hasil Proses Belajar Mengajar Dengan Menggunakan Pendekatan Berbasis TPACK di SD Swasta Yakhada Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utaraen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ANNISA PUTRI HARAHAP.pdfFull Teks2.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.