Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17929
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFUADI, AHMAD-
dc.date.accessioned2022-05-27T02:00:52Z-
dc.date.available2022-05-27T02:00:52Z-
dc.date.issued2022-03-22-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17929-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh: Sarana belajar, Inovasi Belajar, Motivasi terhadap Efektifitas Pembelajaran Daring dan pengaruh Sarana Belajar Inovasi Belajar dan Motivasi secara bersama-sama terhadap Efektifitas Pembelajaran Daring di MTsS Se-Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada pada MTsS Se Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun, yang berjumlah 144 Orang. Berdasarkan hasil perhitungan rumus slovin maka di ketahui jumlah sampel yang akan di teliti sebanyak 59 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Selanjutnya dilakukan uji validitas, reabilitas, Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, Koefisien Determinasi, uji hipotesis secara langsung dengan uji F dan secara parsial dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa nilai thitung untuk variabel Sarana Belajar adalah 2,343 dan ttabel dengan α = 5% diketahui sebesar 1,67 dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel dan nilai signifikan Sarana Belajar 0.023 < 0.05 artinya dari hasil tersebut didapat kesimpulan bahwa H0 ditolak (Ha diterima). Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa nilai thitung Variabel kontrol sebesar 2,963 dan t tabel dengan alpha = 5% dianggap sebesar 1,67, sehingga t hitung lebih besar dari t tabel dan nilai pengawasan yang signifikan sebesar 0.004 < 0.05 yang berarti dapat disimpulkan dari temuan tersebut bahwa H0 adalahditolak (Ha diterima). Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa nilai thitung untuk variabel Motivasi belajar adalah 2,619 dan ttabel dengan α = 5% diketahui sebesar 1,67 dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel dan nilai signifikan Motivasi Belajar sebesar 0.011 < 0.05 artinya dari hasil tersebut didapat kesimpulan bahwa H0 ditolak (Ha diterima). Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa nilai Fhitung untuk variabel Sarana Belajar, Inovasi pembelajaran dan Motivasi Belajar adalah 7,497 dan Ftabel dengan α = 5% diketahui sebesar 2,77 dengan demikian Fhitung lebih besar dari Ftabel artinya dari hasil tersebut didapat kesimpulan bahwa H0 ditolak (Ha diterima) menunjukkan bahwa Sarana Belajar, Inovasi pembelajaran dan Motivasi Belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Efektifitas Pembelajaran pada MTsS Se Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungunen_US
dc.subjectSarana Belajaren_US
dc.subjectInovasi Pembelajaranen_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.subjectdan Efektifitas Pembelajaranen_US
dc.titlePENGARUH SARANA BELAJAR INOVASI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DI MTsS SE-KECAMATAN DOLOK BATU NANGGAR KABUPATEN SIMALUNGUNen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS AHMAD FUADI 1920060080.pdf2.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.