Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17867
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRANGKUTI, PUTRI NURAZANI-
dc.date.accessioned2022-05-24T02:59:13Z-
dc.date.available2022-05-24T02:59:13Z-
dc.date.issued2022-05-24-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17867-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Etika Pelayanan Publik dalam Program GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengolahan data kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk membedah suatu fenomenal dilapangan dan menjabarkan temuan dilapangan. Berdasarkan hasil penelitian dari enam key informan diketahui bahwa Etika Pelayanan Publik Dalam Program GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan sudah terimplementasi namun belum maksimal hal ini dapat dibuktikan dengan Akktivitas publik servis sudah ada dan sudah berjalan namun belum maksimal dengan melihat bahwa masih ada keluhan masyarakat dalam pelayanan masih kurang baik yang diberikan pegawai kepada masyarakat dan waktu pelayanan yang diberikan kurang memuaskan masyarakat. Pengawasan tindakan terhadap penyimpangan sudah berjalan dengan baik dan sudah diawasi oleh pimpinan/atasan kepada pegawai untuk melayani masyarakat dengan tidak meminta biaya. Kemudian kesadaran aparat birokrasi belum berjalan dengan baik sesuai tugas pokok dan fungsi yang sudah ditetapkan karena masih ada pegawai yang belum menggunakan budaya pelayanan 5 S yaitu senyum, salam, sapa, sopan, dan santun, pegawai masih ada yang kurang sopan dalam memberikan pelayanan karena waktu yang diberikan dalam pelayanan tidak sesuai. Selanjutnya sudah pernah dilakukan sosialisasi tetapi sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan belum berjalan dengan baik dan jelas karena sosialisasi yang dilakukan belum merata didengar semua masyarakat karena masih ada masyarakat tidak mengetahui program GISA sehingga masyarakat datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahan dengan jarak yang jauh.en_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectProgram GISAen_US
dc.titleImplementasi Etika Pelayanan Publik Dalam Program GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan) di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asahanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Public Administration Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI BENAR PUTRI NURAZANI RANGKUTI.pdfFull Teks3.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.