Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17809
Title: IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE DRILL AND PRACTICE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QURAN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH TUKKA
Authors: Siregar, Taulia
Keywords: Implementasi;Practice
Issue Date: 23-May-2022
Abstract: Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan prestasi siswa di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Tukka dalam mata pelajaran Al-Quran Hadits dengan implementasi penggunaan metode drill and practice. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Tukka dan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII. Kelas VIII menggunakan metode ceramah yang digunakan guru Al-Quran Hadits sebelumnya dan metode drill and practice digunakan peneliti kelas VII untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan dua metode setiap kelasnya. Pelaksanaan tindakan yang telah dilakukan mulai dari : Dialog awal, tindakan ini diawali dengan perbincangan antara peneliti dengan guru mata pelajaran Al-Quran Hadits tentang penggunaan metode pada siswa kelas VII dan VIII. Siklus I, setelah mendapatkan keterangan lengkap tentang apa masalah yang terjadi pada siswa Mata Pelajaran Al-Quran Hadits, peneliti dan guru melihat hasil lapor siswa dan peneliti menemukan nilai rata-rata siswa dibawah nilai kkm. Peneliti berkonsultasi kepada guru metode apa yang digunakan guru saat melakukan pembelajaran di kelas. Peneliti mencoba memberikan saran agar menggunakan metode drill and practice saat pembelajaran dimulai. Setelah menemukan permasalahan peneliti dan guru mata pelajaran Al-Quran Hadits sependapat untuk membuat rencana awal dan menerima pendapat peneliti menggunakan metode drill and practice. Pembelajaran yang sedang berlangsung peneliti melakukan pembelajaran ke kelas VII dan VIII. Pada kelas VII menggunakan metode drill and practice, ii pada kelas VIII menggunakan metode ceramah. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengamati peneliti mengimplementasika metode tersebut. Diakhir siklus nantinya akan diadakan refleksi terhadap tahapan-tahapan yang telah dilakukan untuk mencari kelemahan saat pembelajaran berlangsung nantinya dan akan dijadikan acuan pada siklus berikutnya agar mencapai kesempurnaan dalam pembelajaran Al-Quran Hadits.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17809
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Taulia Siregar.pdfFull Teks3.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.