Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17801
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSUGIATI, NANI-
dc.date.accessioned2022-05-21T05:32:50Z-
dc.date.available2022-05-21T05:32:50Z-
dc.date.issued2021-09-22-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17801-
dc.description.abstractDari latar belakang masalah teridentifikasi masalah yang ditemukan yaitu : Hasil belajar siswa masih belum sesuai dengan harapan, rendahnya hasil belajar siswa, model pembelajaran yang tidak bervariasi dan kemampuan memecahkan masalah belum menunjukkan langkah- langkah berpikir kritis dan self efficacy mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah juga adanya faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu Kemampuan Awal Matematika (KAM). Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: : (1) pengaruh yang siknifikan antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap self efficacy siswa, (3) ) pengaruh yang siknifikan antara model pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (4) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran matematika realistik terhadap self efficacy siswa, (5) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (6) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap self efficacy siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen : (1) tes kemampuan awal matematika siswa, (2) tes kemampuan berpikir kritis matematis, (3) angket self efficacy. Data infrensial yang dilakukan dengan menggunakan analisis covarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dari kedua model pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran matematika realistik memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa. (2) kemampuan berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran matematika realistik lebih baik dibandingkan kemampian berpikir kritis matematis dan self efficacy siswa yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah (3) terdapat interaksi antara KAM dan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (4) terdapat intraksi antara model pembelajaran terhadap self efficacy siswa,en_US
dc.subjectPembelajaran Berbasis Masalahen_US
dc.subjectPembelajaran Matematika Realistiken_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritis Matematisen_US
dc.subjectSelf Efficacyen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 33 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS NANI SUGIATI 1720070015 (1).pdf2.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.