Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17792
Title: ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NURUL FURQOON BINJAI
Authors: Azzahra, Wida
Keywords: Gaya Mengajar;Akidah Akhlak
Issue Date: 21-May-2022
Abstract: Pokok masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, gaya mengajar apa yang digunakan guru pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Furqoon Binjai TP. 2021/2022. Kedua, apa kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan gaya mengajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Furqoon Binjai TP. 2021/2022. Ketiga, apa solusi yang dilakukan guru dalam menyempurnakan gaya mengajar mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Furqoon Binjai TP. 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Akidah Akhlak, serta siswa siswi kelas VII MTs Nurul Furqoon Binjai. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Gaya mengajar yang digunakan guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Furqoon Binjai adalah gaya mengajar teknologis dan gaya mengajar interaksional. Gaya mengajar teknologis yaitu gaya mengajar menggunakan media perangkat lunak dan biasanya digunakan pada saat proses pembelajaran menggunakan metode audio visual biasanya pada materi pelajaran Asmaul Husna. Gaya mengajar interaksional yaitu gaya mengajar dimana guru dan siswa berperan aktif dan biasanya digunakan pada proses pembelajaran secara berkelompok maupun Tanya jawab. Kedua, Kendala yang dihadapi guru pada saat menggunakan gaya mengajar teknologis yaitu kurangnya media untuk mendukung proses pembelajaran dan gaya mengajar interaksional yaitu kurangnya pengertian siswa dengan pembelajaran secara berkelompok dan tanya jawab sehingga proses pembelajaran menjadi ribut dan tidak kondusif. Ketiga, Solusi yang dilakukan guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Furqoon Binjai yaitu dengan membawa media yang dibutuhkan dari rumah agar proses pembelajaran berjalan dengan lancer dan mengevaluasi kembali hal apa yang membuat keributan pada proses pembelajaran berkelompok dan tanya jawab.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17792
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_WIDA_AZZAHRA (1801020034).pdfFull Teks2.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.