Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17712
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS DAERAH AEK SONGSONGAN
Keywords: Model Pembelajaran ETH;Hasil Belajar
Issue Date: 17-May-2022
Abstract: Masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa kelas VII MTs Daerah Aek Songsongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ETH terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Daerah Aek Songsongan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di MTs Daerah Aek Songsongan yang beralamat di Jl. Bakti No.1 Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Daerah Aek Songsongan yang berjumlah 82 orang. Dengan sampel penelitian Total sampling, yakni seluruh populasi menjadi sampel. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, tes berupa pretes dan postest, serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari penelitian ialah terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas ekperimen (83,17) dan kelas kontrol (76,70), dapat dilihat bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding nilai rata-rata pada kelas kontrol (83,17 > 76,70), dengan simpangan baku pada kelas eksperimen sebesar 7,562746 dan simpangan baku kelas kontrol sebesar 6,5774. Kemudian dari hasil uji t diperoleh tHitung > tTabel (4,286 > 1,664), Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Everyone IsA Teacher Here (ETH) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Daerah Aek Songsongan Tahun Pembelajaran 2021/2022.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17712
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Rismayani 100.pdfFull Text4.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.