Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17695
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHASIBUAN, FITRIYANA-
dc.date.accessioned2022-05-17T06:08:02Z-
dc.date.available2022-05-17T06:08:02Z-
dc.date.issued2022-05-17-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17695-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi sejarah kebudayaan Islam di kelas VIII-1 MTs Muhammadiyah 15 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 15 Medan, sedangkan untuk teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling, dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel, dengan menggunakan kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Dengan penggumpulan data menggunakan dokumenasi dan tes, dimana tes dilakukan dengan dua cara yaitu pretest dan posttest Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen pada pretest adalah 67,5 dan posttest adalah 76,09. Sedangkan kelas kontrol rata-rata hasil belajar pada prettest adalah 56,8 dan posttest adalah 70,71. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII-1 MTs Muhammadiyah 15 Medan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hasil penelitian memberikan kesimpulan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam pada kelas VIII-1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 76,09 dibanding dengan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah 67,97. Maka dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberikan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 2,331 lebih besar dari ttabel 2,048en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawen_US
dc.subjectSejarah Kebudayaan Islamen_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH 15 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI 100 LULUS.pdfFull Text3.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.