Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17510
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKHALIK FAJDUANI, ABDUL-
dc.date.accessioned2022-03-14T01:56:06Z-
dc.date.available2022-03-14T01:56:06Z-
dc.date.issued2021-08-07-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17510-
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat keberadaan perguruan tinggi sangat penting menjadi penggerak pendidikan di Indonesia. Dalam memberikan pengetahuan, dibutuhkan tenaga pengajar yang memiliki kompetensi, profesionalisme, dan kinerja yang baik. Namun, terdapat beberapa dosen yang belum maksimal dalam pelaksanaan tugasnya sehingga memberikan dampak pada semangat belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh variabel kompetensi, profesionalisme, dan kinerja dosen terhadap semangat belajar maahasiswa di Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode asosiatif kuantitatif dan data primer yang diperoleh langsung dari responden penelitian yaitu 100 orang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Sosial Sains. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kompetensi berpengaruh significant terhadap semangat belajar mahasiswa, dimana nilai t hitung > t tabel (3,378 > 1,984) dengan nilai significant 0,001 < alpa 0,05. Profesionalisme berpengaruh significant terhadap semangat belajar mahasiswa dimana nilai t hitung > t tabel (8,681 > 1,984) dengan nilai significant 0,000 < alpa 0,05. Kinerja dosen berpengaruh significant terhadap semangat belajar mahasiswa, dimana t hitung > t tabel (4,469 > 1,984) dengan nilai significant 0,000 < alpa 0,05. Kompetensi, profesionalisme, dan kinerja dosen secara simultan berpengaruh significant terhadap semangat belajar mahasiswa, dimana F hitung > F tabel (182,227 > 2,693) dengan significant 0,000 < alpa 0,05.en_US
dc.subjectKompetensien_US
dc.subjectProfesionalismeen_US
dc.subjectKinerjaen_US
dc.subjectSemangat Belajaren_US
dc.titlePENGARUH KOMPETENSI, PROFESIONALISME DAN KINERJA DOSEN TERHADAP SEMANGAT BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS SOSIAL SAINS PADA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS ABDUL KHALIK FAJDUANI 1920030008.pdf4.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.