Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17452
Title: ANALISIS OPTIMASI DAYA REAKTIF PADA STATIC VAR COMPENSATOR DENGAN METODE FAST DECOUPLED
Authors: HERMAWAN, DENY
Keywords: Optimasi;Simulasi;Daya Reaktif;SVC;Fast Decouple
Issue Date: 29-Jan-2022
Abstract: Kebutuhan listrik di PT Agincourt Resources dalam menjalankan peralatan listrik membutuhkan kestabilan tegangan, untuk perbaikan profil tegangan dan untuk mengurangi rugi-rugi daya, dapat dilakukan dengan kompensasi daya reaktif pada sistem, yaitu dengan pemasangan Static VAR Compensator (SVC). Setiap kompensasi Var yang di injeksi merupakan beban listrik tersendiri yang tidak dapat dimanfaatkan. Dalam memperoleh nilai optimasi, injeksi Var pada SVC harus diatur seminimal mungkin dengan tetap terjaga profil tegangan sesuai dengan batas operasional dan tetap mengurangi rugi-rugi daya pada sistem. Pengaturan nilai injeksi daya reaktif SVC ke dalam sistem distribusi 11 kV untuk memperoleh nilai optimasi dapat ditentukan dengan cara simulasi menggunakan software ETAP, metode aliran daya fast decoupled, dan proses simulasi dengan pendekatan trial and error, yaitu pengulangan dan memvariasikan data masukan dengan batasan yang sudah ditentukan sampai nilai maksimal yang diinginkan tercapai. Dengan 38 simulasi didapat pengaruh perubahan nilai injeksi daya reaktif SVC, yaitu penurunan tegangan 150 Volt pada setiap bus 11 kV, penurunan daya reaktif 3 kVar pada Bus101 dan 34 kVar pada Bus102, penurunan rugi-rugi daya aktif 0,8 kW pada Bus101 dan 3,5 kW pada Bus102, serta penurunan rugi-rugi daya reaktif 0,5 kVar pada Bus101 dan 3,1 kVar pada Bus102. Nilai yang dibutuhkan untuk injeksi daya reaktif SVC dengan tetap tercapainya perbaikan profil tegangan kerja dan berkurangnya rugi-rugi daya pada sistem distribusi 11 kV adalah 0 kVar. Nilai error pada simulasi ini yaitu perbedaan tegangan fasa sebesar 119 Volt atau 1,07%, perbedaan daya aktif sebesar -1,459 MW atau -8,15%, perbedaan daya reaktif sebesar 0,655 MVar atau 12,29%, dan perbedaan faktor daya sebesar -2,8 atau - 2,92%. Pengurangan nilai injeksi daya reaktif SVC secara maksimum, mempengaruhi terhadap penurunan tegangan sistem sebesar 1,3%, pada kedua bus beban terdapat penurunan rugi-rugi daya sebesar 10% dan 3,6%, serta penurunan faktor daya sebesar 1,4% dan 0,5%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17452
Appears in Collections:Masters in Electrical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis an Deny Hermawan 1920080011.pdf9.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.