Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17405
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYANTI, NELI DAMAI-
dc.date.accessioned2022-01-27T01:51:49Z-
dc.date.available2022-01-27T01:51:49Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17405-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pemasaran Kerang Kijing/lokan (Pilsbryoconcha exilis), mengetahui saluran pemasaran yang terjadi di setiap rantai pemasaran menghitung margin pemasaran dan untuk mengetahui efisiensi saluran pemasaran. Daerah lokasi penelitian sangat terkenal sebagai penghasil Kerang Kijing/lokan. Data primer diproleh dengan cara wawancara dan kuesioner langsung dengan responden. Dalam penelitian ini banyak sampel yang di ambil 60 di antaranya 40 nelayan dan lembaga yang terkait 8 pedagang pengepul dan 12 pedagang pengecer. Adapun penentuan jumlah sampel yang digunakan oleh penulis di penelitian ini adalah dengan metode total sampling. Analisis data yang digunakan adalah alat analisis biaya dan margin pemasaran (cost margin analysis) yaitu dengan menghitung besarnya biaya, keuntungan dan margin pemasaran pada tiap lembaga perantara pada berbagai saluran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Saluran pemasaran kerang Kijing/Lokan di Desa Siti Ambia Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil adalah 2 Saluran Pemasaran yang pertama (I) terdiri dari Nelayan – Pedagang Pengepul – Pedagang Pengecer – konsumen, dan yang kedua (II) yaitu Nelayan – Pedagang Pengecer – Konsumen. (2) Margin pemasaran di setiap saluran pemasaran terdapat perbedaan di setiap saluran pemasaran, seperti pada saluran Pertama (I) harga jual ke konsumen mencapai Rp.53.400,-/Kg untuk ukuran besar, Rp.29.000,-/Kg untuk ukuran sedang, dan Rp.17.700,-/Kg untuk ukuran kecil. Berarti selisih harga nelayan sampai ke konsumen mencapai Rp.6000/Kg untuk ukuran besar, Rp.6.775/Kg untuk ukuran sedang, dan Rp.5.450/Kg untuk ukuran kecil. Sama halnya seperti saluran pemasaran Kedua (II). (3) Tingkat saluran pemasaran pada penelitian dari dua saluran pemasaran ini di katakan efisien, untuk saluran pemasaran Pertama (I) efisiensi pemasaran sebesar 23,0% dan saluran pemasaran Kedua (II) efisiensi pemasaran sebesar 10,1%. Jadi keduanya termasuk kedalam efisien karena persentase <33%.en_US
dc.subjectNelayanen_US
dc.titleANALISIS PEMASARAN KERANG KIJING/LOKAN (Pilsbryoconcha exilis) (STUDIKASUS : DESA SITI AMBIA KECAMATAN SINGKIL KABUPATEN ACEH SINGKIL)en_US
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NELI DAMAI YANTI (1704300038).pdfFull Text2.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.