Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17382
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorABDI, MUHAMMAD-
dc.date.accessioned2022-01-15T02:52:33Z-
dc.date.available2022-01-15T02:52:33Z-
dc.date.issued2021-09-25-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17382-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan antara model Kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, (2) pengaruh yang signifikan antara model Kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap self-confidence siswa, (3) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, (4) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap self-confidence siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) kemampuan awal matematika siswa (2) tes kemampuan komunikasi, (3) angket self- confidence. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X MAS Nurul Ittihadiyah yang berjumlah 83 siswa sedangkan sampel penelitian ini yaitu kelas X1 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas STAD dan kelas X2 dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas Jigsaw. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay dan angket. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, dengan nilai sig. 0,004 lebih kecil dari ∝ dengan ∝ = 0,05 (2) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dengan dengan nilai sig. 0,037 lebih kecil dari ∝ dengan ∝ = 0,05 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara model kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap self-confidence siswa, dengan nilai sig. 0,004 lebih kecil dari ∝ dengan ∝ = 0,05 (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap self confidence siswa dengan nilai sig. 0,172 lebih besar dari ∝ dengan ∝ = 0,05.en_US
dc.subjectKemampuan Awal Matematikaen_US
dc.subjectModel STADen_US
dc.subjectModel Jigsawen_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Siswaen_US
dc.subjectdan Self-Confidence Siswaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DAN SELF-CONFIDENCE SISWA MAS NURUL ITTIHADIYAH LUBUK PAKAMen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS MUHAMMAD ABDI.pdf9.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.