Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17381
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorROBBAYANI, KAMA-
dc.date.accessioned2022-01-15T02:48:33Z-
dc.date.available2022-01-15T02:48:33Z-
dc.date.issued2021-09-25-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17381-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat : (1) Pengaruh yang signifikan antara model eliciting activities dan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (2) Interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. (3) Pengaruh yang signifikan antara model eliciting activities dan model problem based learning terhadap self confidence siswa. (4) Interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan model pembelajaran terhadap self confidence siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran eliciting activities dan kelas eksperimen dengan model problem based learning. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al Washliyah Kedaisianam Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VII-A dan siswa kelas VII-B dengan jumlah masing-masing kelas 30 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) Tes kemampuan awal matematika siswa, (2) Tes kemampuan pemecahan masalah, (3) angket self confidence siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model eliciting activities dan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mana angka signifikasi modelnya 0,003 < ∝ = 0,05. (2) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan angka signifikasi Corrected modelnya 0,000 < ∝ = 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model eliciting activities dan model problem based learning terhadap self confidence siswa dengan angka signifikasi modelnya 0,022 < ∝ = 0,05. (4) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan model pembelajaran terhadap self confidence siswa dengan angka signifikasi Corrected modelnya 0,009 < ∝ = 0,05.en_US
dc.subjectKemampuan Awal Matematikaen_US
dc.subjectModel Eliciting Activitieen_US
dc.subjectModel Problem Based Learningen_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.subjectdan Self Confidence siswaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELICITING ACTIVITIES DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF CONFIDENCE SISWA MTs AL WASHLIYAH KEDAISIANAM KAB. BATU BARAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS KAMA ROBBAYANI.pdf6.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.