Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1726
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHarahap, Lily Primamori-
dc.date.accessioned2020-03-03T04:11:10Z-
dc.date.available2020-03-03T04:11:10Z-
dc.date.issued2019-08-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1726-
dc.description.abstractKompetensi manajerial kepala madrasah dapat melakukan proses supervisi kepada guru atau pegawai dalam proses pembelajaran di madrasah. Tetapi pada kenyataannya, masih saja ada kepala madrasah yang belum mampu melakukan tugasnya sesuai dengan kompetensi manajerialnya yaitu melakukan supervisi di madrasah yang dipimpinnya. Salah satu indikator seorang guru yang profesional adalah memiliki kemampuan mengelola dan menggunakan media atau sumber belajar. Sehingga seorang guru harus dapat menggunakan teknologi untuk mengikuti perkembangan zaman dalam era pendidikan. Tetapi pada kenyataannya masih banyak guru terbiasa dengan metode konvensional dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru MAN di Kota Medan pada tahun pembelajaran 2018/2019; (2) untuk mengetahui pengaruh kemampuan penggunaan teknologi terhadap kinerja guru MAN di Kota Medan pada tahun pembelajaran 2018/2019; (3) untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala madrasah dan kemampuan penggunaan teknologi terhadap kinerja guru MAN di Kota Medan pada tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertempat di MAN 1 Medan dan MAN 2 Medan yang terletak di jalan Williem Iskandar no. 7 dan 7A Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 244 orang dan jumlah sampel 150 orang yang ditentukan menggunakan metode Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru. Supervisi kepala madrasah memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 6,1% dan sisanya yaitu 93,9% ditentukan oleh faktor lainnya; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan penggunaan teknologi terhadap kinerja guru. Kemampuan penggunaan teknologi memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 10,3% dan sisanya yaitu 89,7% ditentukan oleh faktor lainnya; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara supervisi kepala madrasah dan kemampuan penggunaan teknologi secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Supervisi kepala sekolah dan kemampuan penggunaan teknologi secara bersamasama memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 16,5% dan sisanya yaitu 83,5% ditentukan oleh faktor lainnya.en_US
dc.subjectSupervisi Kepala Madrasahen_US
dc.subjectKemampuan Penggunaan Teknologien_US
dc.subjectKinerja Guruen_US
dc.titlePENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KEMAMPUANPENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA GURU MAN diPENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA GURU MAN di PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA GURU MAN di KOTA MEDANKOTA MEDAN KOTA MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.