Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17030
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAbrar, Muhammad-
dc.contributor.authorChandra, Dodi Salden-
dc.date.accessioned2021-12-09T07:42:32Z-
dc.date.available2021-12-09T07:42:32Z-
dc.date.issued2021-12-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17030-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atau menganalisis kepuasan pelanggan dengan menggunagan Metode Importance Performance Analysis (IPA) pada PDAM Tirtanadi Cabang Tuasan Medan, berdasarkan dimensi: Tangibles (berwujud), Reliabilitas (kehandalan), Responsivitas (ketanggapan), Assurance (jaminan), Empaty (kepedulian). Populasi dalam penilitian ini adalah pelanggan penggunaan jasa PDAM Tirtanadi Cabang Tuasan Medan yang jumlah Responden 100 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis pergunakan pada penelitian ini yaitu daftar pertanyaan (Quisioner). Sedangkan Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunagan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan juga menggunakan perangkat lunak SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persamaan: dalam analisis metode IPA, pada kuadrat A, B, C dan D variabel Tangibles (berwujud) yaitu Kemudahan menjangkau (baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum) kantor pelayanan PDAM Tirtanadi, Reliability (kehandalan) yaitu Tingkat kontinuitas kelancaran aliran air PDAM yang didistribusikan ke pelanggan, Responsivenees (ketanggapan) yaitu Tanggapan PDAM pada saat pelanggan mengadukan keluhan berkaitan dengan adanya pelayanan yang kurang atau tidak memuaskan, Assurance (jaminan) yaitu Kecakapan para petugas PDAM dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada pelanggan, Empaty (kepedulian) yaitu Tingkat kemudahan/akses untuk menyampaikan keluhan/laporan kepada PDAM. Dari hasil Tingkat Kesesuaian Responden (TKI), secara keseluruhan kinerja berada pada kriteria baik dan harapan pelanggan berada pada sangat tinggi. Terdapat rata-rata pada Cabang Tuasan Medan sebesar 89,03.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectReliabilityen_US
dc.subjectResponsiveneessen_US
dc.subjectAssuranceen_US
dc.subjectEmpatyen_US
dc.titleANALISIS KEPUASAN PELANGGAN DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) PADA PDAM TIRTANADI CABANG TUASAN MEDANen_US
Appears in Collections:The Work of UMSU Lecturer

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
JURNAL Dody - Muhammad Abrar.pdfFull Text248.82 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.