Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16992
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPATI ARITONANG, MEGA-
dc.date.accessioned2021-12-07T02:50:33Z-
dc.date.available2021-12-07T02:50:33Z-
dc.date.issued2021-09-28-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16992-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan Menganalisis secara mendalam kinerja supervisi akademik yang dilaksanakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP N 13 Binjai. Metode penelitian dengan menggunakan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan kesimpulan. Hasil penelitian terlihat bahwa Dalam perencaan supervisi akademik diperoleh informasi bahwa kepala sekolah selalu memberikan kewenang kepada guru dalam mengapresiasikan inovasi mereka dalam mengajar. Kepala sekolah juga melakukan kunjungan keruangan guru. Gunanya mencek secara langsung keadaan perkembangan guru dalam mempersiapkan administrasi. Pengawasan pelaksanaan suprvisi oleh kepala sekolah dala situasi covid ini menggunakan aplikasi sigum dimana dengan adanya aplikasi ini guru akan diberikan kemudahan mengupload data dan meningkatkan penggunaan IPTEK. Untuk kegiatan supervisi yang akan dilaksanakan oleh kepala sekolah disusun dengan baik. Pelaksanaan supervise akademik oleh kepala sekolah tidak mengurangi penilaian kepala sekolah sebagai pengawas supervisi membantu guru dalam meningkatkan kinerja guru. Pembinaan dan pelatihan adalah salah satu bentuk yang di berikan oleh kepala sekolah yang merupakan perwujudan bukan untuk mengadili guru namun lebih kepada mengarahkan keterampilan guru agar lebih mampu berinovasi. Penyusunan silabus, prota, prosem, RPP sampai penyusunan jam efektif mengajar.Selain itu Kepala sekolah memberikan arahan kepada guru berupa bentuk motivasi kepada guru, dimana hal ini mampu memberikan penyemangat untuk mengembangkan kinerja guru di kompetensi masing – masing. Peran kepala sekolah untuk memberikan masukan , ide ataupun bentuk teguran adalah sikap yang baik untuk tercapainya kemajuan pendidikan di SMP N 13 Binjai. Supervisi akademik yang telah dilaksanakan oleh kepala sekolah melalui banyak tahapan seperti halnya pembinaan langung dengan tatap muka maupun daring (dalam jaringan). Kepala sekolah juga memberikan pengarahan lebih dimaksimalkan pada selesai evaluasi. Dikarenakan akan terlihat kekurangan pada proses pembelajaran. Kekurangan tersebut digunakan mengolah dan menganalisis hasil evaluasi. Berdasarakan hasil wawancara dan observasi bahwa melakukan bimbingan pada evaluasi pembelajaran sebagai bentuk tindak lanjut. Bimbingan ini bersifat langsung pengawas dan kepala sekolah dilakukan pada saat evaluasi berlangsung. Apabila kepala sekolah dan tim pengawas menemukan guru yang kesulitan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran, maka tim akan berusaha untuk mengatasainya.en_US
dc.subjectSupervisi Akademiken_US
dc.subjectKepala Sekolahen_US
dc.subjectKinerja Guruen_US
dc.titleANALISIS SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 13 BINJAIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesisi Mega.pdf1.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.