Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16881
Title: Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Harapan Mekar 2 Medan T.P 2021/2022
Authors: Nurlaili, Nur
Keywords: Kedisiplinan Belajar;Kemandirian Belajar;Hasil Belajar
Issue Date: Oct-2021
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Siswa kelas XI Akuntansi SMK Harapan Mekar 2 Medan. Sampel Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 37 orang, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan Angket (Kuesioner). Teknik analisis data mengumpulkan uji prasyarat (uji normalitas , uji linearitas serta analisis regresi linear berganda) dan uji hipotesis (uji parsial (uji-t), uji simultan (uji-F), serta koefisien determinasi). Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 16.0, diperoleh hipotesis penelitian yang menggunakan pengujian regresi linear berganda adalah Y= 7,365 + 0,082 X1 + 0,472 X2. Artinya jika nilai konstanta sebesar 7,365 yang berarti, jika variabel X1 dan X2 sama dengan nol maka Y adalah sebesar 7,365. Nilai koefisien regresi X1 sebesar 0,082 menunjukkan apabila X1 mengalami kenaikan sebesar 100% maka akan meningkatkan hasil belajar sebesar 8,2%. Nilai koefisien regresi X2 sebesar 0,472 menunjukkan apabila X2 mengalami kenaikan sebesar 100% maka akan meningkatkan hasil belajar sebesar 47,2%. Hasil penelitian uji hipotesis yang menggunakan uji-t kedisiplinan belajar diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2.141 > 2.026 dengan probabilitas Sig 0,040 < 0.05. Hasil uji hipotesis uji-t kemandirian belajar diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 5.569 > 2.026 dengan probabilitas Sig 0,000 < 0.05. Hasil uji simultan (uji F) diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Jika dibandingkan nilai nilai Fhitung dengan Ftabel maka dihasilkan 23.310 > 3,250. Hasil koefisien determinasi (R2 ) terdapat nilai Rsquare adalah sebesar 0,578 atau sama dengan 57,8% artinya bahwa kedisiplinan belajar dan kemandirian belajar mampu untuk menjelaskan hasil belajar Siswa kelas XI Akuntansi SMK Harapan Mekar 2 Medan adalah sebesar 57,8% dan sisanya 42,2% dijelaskan oleh variabel bebas yang lainnya yang tidak diikutsertakan ke dalam model penelitian ini. Hal ini berarti ada pengaruh antara kedisiplinan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Siswa SMK Harapan Mekar 2 Medan T.P 2021/2022.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16881
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SITI NURLAILI.pdf5.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.