Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16865
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFirdaus, Muliawan-
dc.date.accessioned2021-12-03T08:08:38Z-
dc.date.available2021-12-03T08:08:38Z-
dc.date.issued2021-10-16-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16865-
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana upaya guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan metode penemuan terbimbing, (2) Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VII SMP PAB 2 Helvetia T.A. 2021/2022 setelah diterapkan metode penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia T.A. 2021/2022, yang di ambil 1 kelas dari 6 kelas yang ada, yaitu kelas VII yang berjumlah 15 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Himpunan dengan penerapan metode penemuan terbimbing. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat dilihat dari tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah yaitu pada tes kemampuan pemecahan masalah awal dengan nilai rata-rata 35 (sangat rendah), pada tes kemampuan pemecahan masalah Siklus I dengan nilai rata-rata 55,5 (sangat rendah), dan pada tes kemampuan pemecahan masalah Siklus II dengan nilai rata-rata 80,6 (tinggi). Selain itu, kemampuan peneliti mengelola pelajaran mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II yaitu dari total kegiatan awal, kegiatan inti, dan penutup pada Siklus I sebesar 61,8 dan pada Siklus II sebesar 86,5 dan N-Gain yang diperoleh sebesar 0,5. Maka dapat disimpulkan, bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia karena kemampuan pemecahan masalah siswa sudah mencapai target minimal kemampuan pemecahan masalah yaitu sebesar 85% dari siswa yang mengikuti tes mencapai tingkat penguasaan minimal 70 (TKPM sedang).en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPemecahan Masalah Matematisen_US
dc.subjectMetode Penemuan Terbimbingen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Di Kelas Vii Smp Pab 02 Helvetia T.A. 2021/2022en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DELVIANDRA.pdf6.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.