Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16833
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorEka Pratiwi, Indah-
dc.contributor.authorFauzi Hasibuan, Muhammad-
dc.date.accessioned2021-12-03T02:45:15Z-
dc.date.available2021-12-03T02:45:15Z-
dc.date.issued2021-10-16-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16833-
dc.description.abstractKonseling individual yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik atau konseli mendapatkan layanan langsung tatap muka (secara perorangan) dengan guru pembimbing dalam rangka pembahasan pengentasan masalah pribadi yang di derita konseli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan konseling individual dengan menggunakan pendekatan person centered therapy untuk meningkatkan pemahaman diri siswa kelas X AP-1 SMK Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2019/2020. Objek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa kela X AP-1 SMK Negeri 1 Binjai dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis dan Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan pelaksanaan penelitian ini, dapat dilihat sebelum diberikan perlakuan layanan konseling individual dengan pendekatan Person Center Therapy, siswa masih memiliki pemahaman diri yang kurang baik, hal ini dapat dilihat dari hasil angket pretest terkait pemahaman diri siswa. Setelah diberikan perlakuan layanan konseling individual dengan pendekatan Person Center Therapy siswa mengalami perubahan yang signifikan, hal ini dapat dilihat dari hasil angket posttest yang dilakukan. Angka probabilitas Asymp. Sig. (2-tailed) pemahaman diri siswa kelompok eksperimen sebesar 0,027 atau probabilitas di bawah alpha 0,05 ( 0,027 ≤ 0,05 ). Dari hasil tersebut maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, maka hipotesis pertama yang di uji dalam penelitian ini, yaitu Terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman diri siswa kelompok eksperimen, sebelum dan sesudah mengikuti layanan konseling individual dengan pendekatan Person Center Therapy. Dengan demikian dapat dikatakan bahwasanya layanan konseling individual dengan pendekatan Person Center Therapy yang diberikan kepada siswa efektif untuk meningkatkan pemahaman diri siswa kelas XI AP-1 SMK Negeri 1 Binjai.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectKonseling Individualen_US
dc.subjectPerson Center Therapyen_US
dc.subjectPemahaman Dirien_US
dc.titlePengaruh Layanan Konseling Individual Dengan Pendekatan Person Centered Therapy Dalam Meningkatkan Pemahaman Diri Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REVISI SIDANG INDAH EKA PRATIWI_1602080046.pdf3.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.