Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16733
Title: Peran Kajian Rutin Ekonomi Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Literasi Keuangan Syariah Ksei Iec Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Authors: Andriani Saragih, Nisa
Pradesyah, Riyan
Keywords: Literasi Keuangan;Ekonomi Syariah;Kajian Rutin
Issue Date: 16-Oct-2021
Publisher: UMSU
Abstract: Ekonomi Islam merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah masalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai Islam.Literasi Keuangan Syariah merupakan bagian dari ekonomi syariah. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui peran KSEI IEC (Kelompok Studi Ekonomi Islam Islamic Economy Community) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dalam memberikan edukasi literasi keuangan syariah pada mahasiswa dan untuk mengetahui Apakah kajian literasi keuangan syariah pada KSEI IEC UMSU berjalan dengan efektif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan pada KSEI IEC (Kelompok Studi Ekonomi Islam Islamic Economy Community) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, kesimpulannya adalah bahwa KSEI IEC UMSU berperan penting terhadap edukasi literasi keuangan syariah Dibuktikan dengan adanya program kerja dan adanya tema kajian yang membahas tentang keuangan syariah yaituSekolah Pasar Modal Syariah yang bertujuan untuk pemahaman mahasiswa akan investasi syariah serta pembukaan rekening saham syariah, meskipun tingkat efektivitasnya tidak terlalu maksimal dilaksanakan secara rutin dikarenakan beberapa faktor dan salah satunya adalah faktor pandemi Covid-19 yang menyebabkan menurunnya jumlah peserta kajian rutin.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16733
Appears in Collections:Sharia Management Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI Nisa Andriani .pdf2.22 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.