Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16680
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRatika Putri, Ayu-
dc.contributor.authorFanreza, Robie-
dc.date.accessioned2021-12-01T08:20:57Z-
dc.date.available2021-12-01T08:20:57Z-
dc.date.issued2021-10-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16680-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program tilawah quran di MTs PAB 1 Helvetia.Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1). Menjelaskan konsep implementasi program tilawah quran di MTs PAB 1 Helvetia. 2). Menjelaskan proses implementasi program tilawah quran di MTs PAB 1 Helvetia. 3). Menjelskan factor pendukung dan penghambat dalam program tilawah quran di MTs PAB 1 Helvetia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan dan tujuan program tilawah quran di MTs PAB 1 Helvetia dilaksanakan pada hari senin, kamis, dan jumat. Yang dibina oleh bapak Sarwo Edi Harahap S.Pd, diluar jam sekolah pada pukul 14.00 WIB hingga 15.00 WIB. Program ini bertujuan agar siswa/siswi lebih dekat dengan Al-Quran dan mencintai Al-Quran, mengembangkan bakat serta berprestasi dalam MTQ tingkat Kota/Kabupaten. Metode dalam program tilawah quran di MTs PAB 1 Helvetia memakai beberapa metode yang pertama metode ceramah dengan memberikan materi tentang ilmu tajwid. Yang kedua metode demonstrasi dengan mencontohkan lagu Al-Quran kepada siswa/siswi, lalu siswa/siswi mengikuti lagu/maqam Al-Quran yang telah diajari oleh guru. Dan yang ketiga adalah metode Iqra untuk siswa/siswi yang belum faham ilmu tajwid, dan maqam lagu serta belum lancar membaca Al-Qurannya. Proses pelaksanaan program tilawah Quran di MTs PAB 1 Helvetia pertama mengetes para siswa/siswi yang mendaftar mengikuti kegiatan program tilawah quran, setelah itu memberikan materi tentang ilmu tajwid dan maqam quran, bagi siswa/siswi yang belum lancar membaca Al-Quran diwajibkan membawa Iqra untuk melancarkan bacaan dan membaguskan tajwidnya. Adapun faktor pendukung dalam program ini yaitu sarana dan prasarana memadai, metode yang diajarkan kepada siswa/siswi dapat dimengerti dengan baik, dan guru yng mengajarkan dalam program ini merupakan Qori terbaik tingkat Nasional. Adapun faktor penghambat salah satunya adalah waktu yang sangat singkat dalam program tilawah quran di MTs PAB 1 Helvetia.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectProgramen_US
dc.subjectTilawah Quranen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.titleImplementasi Program Tilawah Quran Di Mts Pab I Helvetiaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi lengkap.pdf3.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.