Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16641
Title: Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Komputer Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Kelas Viii Mts Ta’dib Al-Mualimin Al-Syakirin
Authors: Andryani Nasution, Tetty
Hanif Batubara, Ismail
Keywords: Motivasi;Pemecahan Masalah;Multimedia Interaktif
Issue Date: 23-Sep-2021
Publisher: UMSU
Abstract: Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk: (i) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif berbantuan komputer, dan (ii) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan mengguakan media pembelajaran multimedia interaktif berbantuan komputer di MTs. Ta’dib Al-Muslimin Al-Syakirin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Ta’dib Al-Muslimin Al-Syakirin yang berjumlah 33 orang, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan dua variabel. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes (tes awal, tes tindakan I pada siklus I, dan tes tindakan II pada siklus II), dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data, dari tes awal diperoleh awal diperoleh 11 siswa (33,3%) yang mengalami ketuntasan belajar, setelah diberikan tindakan, pada akhir siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar menjadi 30 siswa (57,6%), dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 30 siswa (91,4%). Selain itu, berdasarkan hasil observasi dari seluruh siklus terlihat bahwa telah terjadi peningkatan dalam pemecahan masalah dan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16641
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TETTY ANDRYANI NST.pdf6.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.