Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16638
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorJulaika, Nindylah-
dc.contributor.authorPanggabean, Suvriadi-
dc.date.accessioned2021-12-01T06:08:40Z-
dc.date.available2021-12-01T06:08:40Z-
dc.date.issued2021-09-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16638-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana unsur etnomatematika permainan tradisional kelereng dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika serta bagaimana pengaruh pemanfaatan permainan kelereng berbasis etnomatematika sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana unsur etnomatematika permainan tradisional kelereng dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan permainan kelereng berbasis etnomatematika sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pre-test posttest control group design. Instrumen ini dilakukan untuk dapat melihat hubungan dari variabel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Hikmah tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu VIII A berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII B berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Dari hasil pre-test menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen adalah 46, sedangkan rata-rata pre-test pada kelas kontrol adalah 46,4. Dari hasil post-test diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen adalah 81,8, sedangkan rata-rata pada kelas kontrol adalah 66,6. Dari analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen, nilai pre-test = 0,154 dan nilai posttest = 0,099. Sedangkan untuk kelas kelas kontrol, nilai pre-test = 0,114 dan nilai post-test = 0,118. Untuk uji homogenitas pada pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung (1,08) < Ftabel (2,269). Untuk uji homogenitas pada post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung (1,045) < Ftabel (2,269). Selanjutnya dari hasil perhitungan t-test , diperoleh thitung (5,759) > ttabel (2,011) artinya rata-rata hasil belajar siswa pada materi peluang dengan media permainan kelereng berbasis etnomatematika lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori dan ada pengaruh pemanfaatan permainan kelereng berbasis etnomatematika sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPermainan kelerengen_US
dc.subjectetnomatematikaen_US
dc.subjectmedia pembelajaranen_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.titlePengaruh Pemanfaatan Permainan Kelereng Berbasis Etnomatematika Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika T.A 2020/2021en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Nindylah Julaika1.pdf2.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.