Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16581
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYulia, Irma-
dc.date.accessioned2021-11-30T16:46:43Z-
dc.date.available2021-11-30T16:46:43Z-
dc.date.issued2021-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16581-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Proses pengembangan bahan ajar berbasis E-modul dengan pendekatan discovery learning pada pokok bahasan statistika. Kelayakan dari bahan ajar berbasis E-modul dengan pendekatan discovery learning pada pokok bahasan statistika. Dan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis E-modul dengan pendekatan discovery learning pada pokok bahasan statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluasi. Pengeumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dengan skala 4 yang digunakan untuk melihat kelayakan Emodul dan menggunakan angket kepasa siswa untuk melihat respon mereka. Validator dalam penelitian ini adalah 2 orang dosen yang ahli dibidangnya dan satu orang guru matematika dan untuk subjek dalam penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas 9-6 SMP PAB 2 Helvetia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis E-modul pada pokok bahasan statitika layak untuk digunakan diketahui dari hasil validasi oleh ahli materi, ahli media dan hasil angket respon siswa. Dari akumulasi validasi oleh ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,87% yang termasuk dalam kategori layak dengan keterangan sangat baik dan untuk akumulasi validasi oleh ahli media bahan ajar berbasis E-modul ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,89% yang termasuk dalam kategori layak dengan keterangan sangat baik. Dan untuk hasil respon siswa sendiri, didapat ratarata 85% yang termasuk dalam kategori sangat menarik, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis E-modul pada pokok bahasan statistika ini layak dan sangat baik untuk digunakan kepada siswa.en_US
dc.subjectPengembangan E-modulen_US
dc.subjectDiscovery Learningen_US
dc.subjectStatistikaen_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Berbasis E-modul Dengan Model Discovery Learning pada Pokok Bahasan Statistikaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI IRMA YULIA.pdf6.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.