Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1656
Title: Upaya Meningkatkan Konsep Diri Positif Melalui Pembelajaran Quantum Learning Di RA Nurul Akmal Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai
Authors: Rusmiani
Keywords: Konsep Diri Positif;Quantum Learning
Issue Date: Mar-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri positif melalui pembelajaran Quantum Learning di RA Nurul Akmal Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini dilakukan di RA Nurul Akmal Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Subjek dalam penelitian ini adalah anakanak RA Nurul Akmal Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif interpretatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan konsep diri positif anak RA Nurul Akmal Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan konsep diri positif anak yaitu pada pra siklus 24,9 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 51,6%, siklus 2 rata-ratanya 74,9 % dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 93,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan konsep diri anak Nurul Akamal Kecamatan Panti Cermin Kabupaten Serdang Bedagai.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1656
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RUSMIANI.pdfFulltext1.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.