Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16558
Title: PENGARUH ORGANISASI SEKOLAH, MOTIVASI KERJAGURU, DAN STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING SISWA SMK DI KOTA BINJAI
Authors: AMIPRIONO, SURYAMAN
Keywords: Organisasi Sekolah;Motivasi Kerja Guru;Strategi Pembelajaran;dan Efektivitas Pembelajaran Daring
Issue Date: 31-Aug-2021
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel varibel yang tengah dikaji, yaitu Organisasi Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Strategi Pembelajaran terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa SMK di Kota Binjai. Penelitian dilakukan pada SMK yang melaksanakan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi tertentu, yaitu SMK Negeri 1 Binjai dan SMK Negeri 2 Binjai, dengan periode penelitian yaitu sejak Januari – Maret tahun 2021. Populasi penelitian yaitu seluruh tenaga pendidik, yaitu guru yang berstatus PNS dan Honorer di SMK Negeri 1 Binjai yang berjumlah 76 orang, dan di SMK Negeri 2 Binjai yang berjumlah 100 orang. Sehingga total populasi penelitian yaitu 176 orang. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 64 orang. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data dan informasi tentang obyek yang akan diteliti yaitu angket dengan pendekatan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Asumsi Klasik dan Analisis Jalur (Path Analisys). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Organisai Sekolah terhadap Strategi Pembelajaran, dengan nilai t hitung: 3,877. Ada pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Strategi Pembelajaran dengan nilai t hitung: 4,537. Nilai pengaruh variabel Organisasi Sekolah dan Motivasi Kerja Guru secara bersama-sama terhadap Strategi Pembelajaran sebesar 52,4%. Sementara itu variabel Organisasi Sekolah tidak berpengaruh langsung terhadap variabel Efektivitas Pembelajaran Daring, dengan nilai t hitung: -0,274. Ada pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring, dengan nilai t hitung: 3,837. Ada pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring, dengan nilai t hitung: 2,678. Nilai pengaruh variabel Organisasi Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Strategi Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring sebesar 50,9%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16558
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis Suryaman Amipriono.pdf2.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.