Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16557
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKWINNI LUBIS, SITI NETTI-
dc.date.accessioned2021-11-30T03:39:45Z-
dc.date.available2021-11-30T03:39:45Z-
dc.date.issued2021-08-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16557-
dc.description.abstractPermasalahan penelitian ini adalah mengenai kompetensi guru, model kepemimpinan visioner kepala sekolah dan pemberdayaan sumberdaya manusia di SMK Swasta HKBP Pematangsiantar.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pemberdaya Sumberdaya Manusia Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMK Swasta HKBP Pematangsiantar. Secara akademis penelitian ini untuk medeskripsikan model kepemimpinan yang diterapkan sehingga kompetensi guru dapat ditingkatkan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat menjelaskan dan menjelasan temuan-temuan riil yang ditemukan oleh peneliti. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah dalam bentuk gambaran umum sekolah yang diteliti yaitu, sejarah sekolah, profil sekolah, yang diperoleh melalui data dandokumentasi dan wawancara.Hasil penelitian menjelaskan pelaksanaan perencanaan peningkatan kompetensi guru yang didesain pada saat rapat kerja dan koordinasi sekolah yang dilaksanakan setiap tahun, kemudian dilakukan pelaksanaan yang dimulai dengan jalur Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) atau tutor sebaya, maupun dengan mendatangkan guru-guru tamu dari industri yang menjadi rekan kerja serta mengirimkan guru untuk mengikuti worshop atau pendidikan dan pelatihan baik yang dilaksanakan oleh pihak pemerintah ataupun pihak swasta.Dari hasil penelitian, peneliti menemukan 1) Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pemberdaya Sumberdaya Manusia Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di SMK Swasta HKBP Pematangsiantar adalah Model Kepemipinan Visioner. Dimana Kepala SMK Swasta HKBP Pematangsiantar memiliki integritas tinggi, memiliki antusiasme terhadap perkembangan Lembaga yang dipimpinnya serta memiliki ketegasan dan keadilan dalam mengambil kebijakan. 2) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam memberdayakan sumberdaya manusia yang ada dan menggunkan fasilitas yang tersedia disekolah merupakan salah satu upaya yang dilakukan untukmeningkatkan kompetensi guru. 3) Kompetensi guru yang meningkat dapat dilihat dengan melihat jumlah output yang terserap didunia kerja maupun industri.en_US
dc.subjectModel Kepemimpinanen_US
dc.subjectSumberdaya manusiaen_US
dc.subjectKompetensi guruen_US
dc.titleANALISIS MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PEMBERDAYA SUMBERDAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI YAYASAN PENDIDIKAN NASRANI (STUDI KASUS DI SMK SWASTA HKBP PEMATANGSIANTAR)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Higher Education Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS SIDANG REVISI.pdf4.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.