Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16535
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSaiful, Fahrul-
dc.date.accessioned2021-11-29T19:09:09Z-
dc.date.available2021-11-29T19:09:09Z-
dc.date.issued2021-10-13-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16535-
dc.description.abstractTerminal merupakan suatu sarana fasilitas yang sangat dibutuhkan masyarakat berkaitan dengan transportasi darat. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1993 tentang Angkutan Jalan, terminal adalah prasarana transportasi jalan untuk keperluan memuat dan menurunkan orang dan atau barang serta mengatur kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum, yang merupakan salah satu wujud simpul jaringan transportasi. Namun terminal mememiliki jenis kualitas pelayanan, yang menjadi salah satu faktor yang menentukan kepuasan pelanggan. Dikarenakan baiknya kualitas pelayanan dan efektifnya dalam melakukan bauran promosi akan memberikan respon positif terhadap kepuasan konsumen untuk tetap loyal menggunakan jasanya. Kualitas pelayanan tidak hanya diadopsi oleh lembaga penyelenggara jasa – jasa komersial, tetapi juga telah digunakan oleh lembaga – lembaga pemerintahan, yang selama ini resisten terhadap tuntutan kualitas pelayanan publik yang bersifat prima. Dengan demikian, kunci agar perusahan tetap eksis adalah kemampuan perusahaan untuk mempertahankan. Terminal Pinang Baris merupakan pintu masuk Kota Medan, lalu terminal ini memang menjadi pusat transportasi terbesar di Kota Medan. Hasil penelitian yang berdasarkan dari beberapa tolak ukur bisa dikatakan bahwa jasa pelayanan terminal pinang baris hampir sudah cukup baik, meskipun saat ini masih melaksanakan definisi dari sarana dan prasarana yang memadai, yang diupayakan untuk dibuat sebagaimana mestinya. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa pengelola terminal berusaha untuk melaksanakan definisi dari sarana dan prasarana yang sudah dibuat, di dalam penyediaan sarana dan prasarana pengelola terminal terus menata sebaik mungkin agar setiap penumpang yang singgah khususnya di terminal daya merasa nyaman, baik dari segi bangunan fasilitas.en_US
dc.subjectTeminalen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectPengelolaanen_US
dc.titleEfektivitas Pengelolaan Jasa Pelayanan Terminal dalam Mewujudkan Pelayanan Prima dan Tertib di Terminal Pinang Barisen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Public Administration Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FAHRUL SAIFUL.pdf3.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.