Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16512
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMaslan, Didi-
dc.date.accessioned2021-11-29T18:28:14Z-
dc.date.available2021-11-29T18:28:14Z-
dc.date.issued2021-10-07-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16512-
dc.description.abstractSelama satu dekade terakhir, pembelajaran bahasa Arab semakin eksis di Indonesia. Hal ini di buktikan dengan semakin banyaknya lembaga-lembaga pendidikan baik lembaga yang berada di bawah naungan swasta maupun lembaga yang berada di bawah naungan pemerintah yang memasukkan pembelajaran bahasa Arab ke dalam kurikulun pendidikan mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penggunaan metode insyā', problematika penggunaan metode insyā’ dan upaya untuk mengatasi problematika penggunaan metode insyā’. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa proses pembelajaran al-kitābah di Ma’had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah menggunakan metode insyā’ dengan ragam modelnya seperti mengubah kalimat, membuat jumlah mufidah, menyusun kalimat dan sebagainya dan terdiri dari tiga tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Adapun problematika penggunaan insyā’ di Ma’had Abu Ubaidah antara lain; kurangnya penguasaan kosa-kata siswa, kurangnya keberanian siswa untuk berbahasa, minimnya penguasaan kaedah bahasa (nahwu dan sharaf), minimnya penguasaan istilah/ungkapan bahasa Arab, limgkungan yang kurang mendukung dan banyaknya peserta didik yang mengantuk saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika tersebut antara lain; memberikan motivasi kepada siswa, menghimbau siswa untuk hadir saat pembelajaran, membiasakan peserta didik untuk berbahasa Arab dan mengupas i’rab dari setiap materi yang di pelajari.en_US
dc.subjectMetode Insyā’en_US
dc.subjectBahasa Araben_US
dc.subjectPembelajaran Al-Kitābahen_US
dc.subjectProblematikaen_US
dc.title“Penggunaan Metode Insyā’ dalam Pembelajaran Al-Kitābah di Ma’had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan”en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DIDI MASLAN.pdf1.01 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.