Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16471
Title: Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Pemikiran Syekh Muhammad Syakir Al-Iskandari Dalam Kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’
Authors: Annisa
Keywords: Pendidikan;Akhlak;Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’
Issue Date: 6-Oct-2021
Abstract: Penelitian ini dibuat untuk mendeskripsikan pendidikan akhlak dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’. Rumusan masalah yang di teliti adalah bagaimana pendidikan akhlak dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dan bagaimana metode pendidikan akhlak yang dilakukan Syekh Muhammad Syakir Al-Iskandary dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang bersifat kualitatif dengan pendekatan biografi naratif. Dalam hal ini pendidikan akhlak anak yang bersumber dari kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ adalah karya Syekh Muhammad Syakir Al-Iskandary dan beliau menggunakan metode pemaparan deskriptif. Jenis penelitian skripsi ini menggunakan metode gerounded theory (penelitian studi pustaka) yaitu penelitian yang mengacu pada sumber kepustakaan seperti buku, artikel, catatan, internet dan sebagainya. Dengan menggunakan sumber primer dari kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dan sumber sekunder dari buku-buku yang menunjang penelitian. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini untuk memperoleh data dan informasi mengenai data terkait yaitu menggunakan studi dokumentasi yang bersumber dari buku-buku sebagai bahan utama dalam peroses penelitian. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode grounded theory, dimana data merupakan proses sistematis pencarian dan pengaturan dari hasil penelitian yang menunjukkan sebuah fakta dalam penelitian studi pustaka. Hasil penelitian ini menemukan beberapa metode pendidikan akhlak dalam kitab tersebut di antaranya adalah: pendidikan akhlak kepada Allah dan rasul-Nya, pendidikan akhlak kepada kedua orang tua, pendidikan akhlak dalam menuntut ilmu, pendidikan akhlak kepada guru, pendidikan akhlak kepada teman, pendidikan akhlak kepada masyarakat, pendidikan akhlak terhadap diri sendiri dan akhlak terhadap negara. Dan adapun metode pendidikan dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ diantaranya adalah: metode diskusi, metode nasehat, metode menghafal, metode kisah, metode pembiasaan diri, metode perumpamaan dan metode targhib dan tarhib.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16471
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ANNISA.pdf3.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.