Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16427
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMarwah, Khaliza-
dc.date.accessioned2021-11-29T04:59:38Z-
dc.date.available2021-11-29T04:59:38Z-
dc.date.issued2021-04-30-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16427-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pembelajaran tahfidzul Qur’an di SMP Rahmat Islamiyah Medan. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah Bagaimana manajemen pembelajaran tahfidzul Qur’an dan problematika manajemen pembelajaran tahfidzul Qur’an di SMP Rahmat Islamiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggali data dari informan dalam bentuk deskriptif kualitatif yang terkait dengan judul dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru tahfidz dan peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen pembelajaran tahfidzul Qur’an di SMP Rahmat Islamiyah Medan terdiri dari perencanaan , pengorganisasian, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran terdiri dari proses penentuan tujuan, metode atau cara yang ditempuh dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an, menentukan materi pembelajaran dan menentukan sistem penilaian pembelajaran yang dilakukan. Proses pengorganisasian pembelajaran terdiri dari sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran, pengelolaan pendidik dan peserta didik, materi, serta waktu pelaksanaan pembelajaran. Selanjutnya proses pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan metode takrir dan sima’i sedangkan media yang digunakan berupa Al- Qur’an dan terjemahannya dan audio visual berupa MP3 dan yang terkahir ialah evaluasi. Evaluasi yang dilakukan pada pembelajaran tahfidzul Qur’an secara formal tidak ada, tetapi lebih ditekankan secara praktis dan lisan yang dilakukan setiap saat. 2) Problematikanya yaitu masih minimnya jumlah guru tahfidz sedangkan siswa-siswi masih kurang terkontrol dalam pembinaan dan manjaga hafalannya yang kedua yaitu kurang nya dukungan dan motivasi sehingga mudah jenuh yang dihadapi peserta didik dalam menghafal dan yang terakhir yaitu pengaruhnya gadget yang mereka gunakan sehingga menghambat hafalan mereka dan membuat mereka lalai dengan target yang seharusnya dihafal.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectManajemen Pembelajaranen_US
dc.subjectTahfidzul Qur’anen_US
dc.titleManajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di Smp Rahmat Islamiyah Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI KHALIZA MARWAH.pdf2.21 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.