Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16414
Title: Strategi Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Metode Bercerita Di Tk/Ra Firdausy
Authors: Aulia, Merisa
Masitah, Widya
Keywords: Strategi;Metode Bercerita;Percaya Diri
Issue Date: 17-May-2021
Publisher: UMSU
Abstract: Guru atau pendidik di TK/RA harus bisa memilih dan menentukan metode yang akan digunakan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak usia dini dan sisesuaikan dengan tingkat perkembangan anak TK/RA juga. Penerapan metode yang yang belum maksimal yang dilakukan oleh pendidik membuat kurang aktifnya anak melakukan pembelajaran. Membuat kepercayaan diri anak masih rendah. Banyak upaya yang telah dilakukan oleh guru dalam mengembangkan rasa percaya diri anak di TK/RA Firdausy seperti memberikan kesempatan memimpin doa sebelum masuk kedalam kelas dan memimpin barisan pada saat senam pagi. Adapun rumusan masalah yang peneliti ajukan yaitu: Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan rasa percaya diri anak di TK/RA Firdausy? Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan rasa percaya diri anak di TK/RA Firdausy. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 25 anak didik, sedangkan objek penelitiannya adalah strategi meningkatkan rasa percaya diri anak melalui metode bercerita. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian peneliti, kurangnya kepercayaan diri anak dalam metode bercerita dikarenakan anak malu ketika disuruh bercerita, anak tidak mau bercerita karena takut diejek teman-temannya, anak tidak berani disuruh bercerita, dan anak takut salah ketika guru menanya kembali tentang cerita yang baru saja disampaikan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16414
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MERISA AULIA.pdf1.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.