Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16412
Title: Manajemen Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di SMP Muhammadiyah 47 Medan Sunggal
Authors: Nurhalizah, Siti
Qorib, Muhammad
Keywords: Manajemen Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
Issue Date: 3-May-2021
Abstract: Manajemen pembelajaran merupakan suatu usaha pengaturan proses belajar mengajar, dalam rangka untuk tercapainya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Pada dasarnya, manajemen pembelajaran merupakan pengaturan semua kegiatan pembelajaran, baik kegiatan pembelajaran yang dikategorikan dalam kurikulum inti maupun penunjang, berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Kementrian Pendidikan Nasional atau Kementrian Agama. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan proses,perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di SMP Muhammadiyah 47 Medan Sunggal. Penelitian ini menggunnakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : Studi Kepustakaan (Library research),Wawancara (Interview),Observasi,Dokumentasi. Hasil penelitian yang peneliti lakukan dengan judul manajemen pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyaha di Smp Muhammadiyah 47 Medan Sunggal adalah bahwa peneliti dapat menganalisis bagaimana proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran atau lebih tepatnya manajemen pembelajaran yang dilakukan sudah sangat baik, akan tetapi pada saat penerapan materi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan guru belum efektif dalam proses pembelajarannya karna siswa dan siswi yang ada di Smp Muhammadiyah 47 Medan Sunggal tidak terlahir dari keluarga yang mendalami bagaimana organisasi muhamammdiyah yang sebenar- benarnya.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16412
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Siti Nurhalizah.pdf767.62 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.