Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1640
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFebiyanti, Dwi Nindi-
dc.date.accessioned2020-03-02T13:17:43Z-
dc.date.available2020-03-02T13:17:43Z-
dc.date.issued2017-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1640-
dc.description.abstractKreativitas merupakan bakat yang secara potensial dimiliki setiap orang yang dapat dibangun dan dikembangkan melalui pendidikan yang tepat. Hakekat pendidikan adalah mengusahakan suatu lingkungan yang memungkinkan pertumbuhan bakat, minat, dan kemampuan anak secara optimal. Salah satu kegiatan yang dapat membangun dan mengembangkan kreativitas anak usia dini diantaranya adalah dengan menggambar. Menggambar merupakan wahana yang tepat untuk membangun kreativitas sejak dini, khususnya di tingkat Anak Usia Dini. Subjek penelitian ini adalah anak didik di kelompok B RA Rabbani Kecamatan Salapian Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2017-2018. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru, dan kepala sekolah. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui tiga siklus yang dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menggambar anak melalui metode peer teaching yaitu pada siklus 1 kemampuan menggambar anak meningkat menjadi 20,00%, pada siklus 2 kemampuan menggambar anak meningkat sampai 68,88%, pada siklus 3 kemampuan menggambar anak meningkat sampai 86,88%. Dari hasil pelaksanaan PTK siklus 1 sampai siklus 3 maka metode peer teaching dapat meningkatkan kemampuan kreativitas menggambar anak.en_US
dc.subjectKreativitasen_US
dc.subjectMenggambaren_US
dc.subjectPeer Teachingen_US
dc.titleMeningkatkan Kreativitas Menggambar Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Menggunakan Metode Peer Teaching Di Kelompok B Ra Rabbani Kec. Salapianen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DWI NINDI FEBIYANTI.pdfFulltext1.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.