Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16309
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHarahap, Sarah Mutia Ariany-
dc.date.accessioned2021-11-24T12:12:37Z-
dc.date.available2021-11-24T12:12:37Z-
dc.date.issued2021-08-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16309-
dc.description.abstractPencapaian prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kelengkapan fasilitas belajar dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran Komputer Akuntansi di SMK Muhammadiyah 6 Medan masih banyak siswa yang memperoleh prestasi belajar yang rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Komputer Akuntansi di SMK Muhammadiyah 6 Medan, baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui adakah pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) untuk mengetahui adakah pengaruh kelengkapan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI program keahlian Akuntansi yang masing masing berjumlah 11 siswa dan 17 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu fasilitas belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) serta variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 87,408 + 0,106 X1 + 0,182 X2. Hasil Uji t untuk fasilitas belajar (X1) diperoleh thitung = 3,196, sehingga H1 diterima dan motivasi belajar (X2) diperoleh thitung = 3,077, sehingga H2 diterima. Kemudian untuk Uji F diperoleh Fhitung = 10,766, seingga H3 diterima. Secara simultan (R2) fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 32%. Kesimpulan penelitian ini adalah fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsialen_US
dc.subjectFasilitas Belajaren_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah 6 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SARAH MUTIA ARIANY HARAHAP.pdf3.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.