Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16260
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMulyani, Sri-
dc.date.accessioned2021-11-23T19:20:59Z-
dc.date.available2021-11-23T19:20:59Z-
dc.date.issued2021-09-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16260-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan skor dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan informasi menggunakan pendekatan CTL Dengan kelompok kontrol sebelum dan setelah diberikan perlakuan layanan informasi menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Objek peneliti adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK Muhammadiyah 18 P.Berandan, dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara. Dalam penelitian ini terbagi dua kelompok yaitu kelompok kontrol yang berjumlah 15 orang dan kelompok eksperimen yang berjumlah 15 orang. Kedua kelompok tersebut diukur sebelum dan sesudah perlakuannya dengan menggunakan angket (kuesioner) yang berisi tentang 20 pernyataan penyesuaian diri dengan model skala likert. Adapun desain yang digunakan yaitu One-Grup Pretest-Posttest Desain. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan aplikasi SPSS ( Statistical Product and Service Solution) for windows release 20.0. Berdasarkan hasil penelitian 1) Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dengan rata-rata 39 (Rendah) dan sesudah (posttest) dengan rata-rata 83,8 (Tinggi) diberikan layanan informasi menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan teknik wilcoxon signed ranks test. 2) Terdapat perbedaan yang positif dan signifikasi dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa pada kelompok kontrol sebelum (pretest) dengan rata-rata 42 (Rendah) dan sesudah (posttest) dengan rata-rata 70.8 ( Tinggi) diberikan layanan informasi menggunakan metode ceramah dengan teknik wilcoxon signed ranks test. 3) Terdapat perbedaan yang positif dan signifikasi dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dibandingkan dengan metode ceramah yang dibuktikan pada skor skor rata-rata Posttest kelompok kontrol yaitu 70.8 dan 83.8 merupakan hasil nilai rata-rata posttest kelompok kontrol dengan teknik smirnov 2independent sampels.en_US
dc.subjectLayanan Informasi,en_US
dc.subjectPenyesuaian Dirien_US
dc.subjectCTLen_US
dc.titleEfektivitas Layanan Informasi Menggunakan Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X TKJ 1 SMK Muhammadiyah 18 P.Berandan T.A 2020/2021en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SRI MULYANI.pdf4.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.