Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16239
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRamayanti, Putri-
dc.date.accessioned2021-11-23T18:43:12Z-
dc.date.available2021-11-23T18:43:12Z-
dc.date.issued2021-10-16-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16239-
dc.description.abstractJalan tol Binjai-Langsa sepanjang 12,3 km merupakan salah satu pembangunan proyek Jalan Tol Trans Sumatera yang bertujuan untuk mempercepat mobilitas barang dan jasa antar pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan pusat produksi. Perencanaan Geometrik jalan merupakan bagian dari perencanaan jalan yang titik beratkan pada alinyemen horizontal dan alinyemen vertikal sehingga dapat memenuhi fungsi dasar dari jalan yang memberikan kenyamanan yang optimal pada arus lalu lintas sesuai dengan kecepatan yang direncanakan. perencanaan geometrik terdiri dari aspek-aspek perencanaan tase jalan,badan jalan yang terdiri dari bahu jalan dan jalur lalu lintas,tikungan,drainase,kelandaian jalan serta galian dan timbunan. Sebelum pembangunan jalan tol perlu dilakukan perencanaan geometrik untuk perhitungan alinyemen. Perencanaan jalan tol bertujuan agar jalan yang dilalui memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendaranya. Dalam studi perencanaan geometrik dikhususkan pada bagian ramp untuk akses jalan masuk dan keluar dari jalan tol. Tujuan kajian ini adalah merencanakan geometrik jalan tol khusunya pada bagian ramp untuk akses menuju dan keluar jalan tol. Pada tahapan ini dilakukan analisa geometrik ramp dengan metode Bina Marga.Dalam kajian ini, data diperoleh dari data sekunder dengan menggunakan google earth sehingga diperoleh hasil data koordinat untuk perhitungan geometrik ramp.Perencanaan geometrik ramp dihasilkan 3 tikungan horizontal dengan tipe tikungan SCS (Spiral –Circle-Spiral). Kecepatan rencana sebesar 60 km/jam dengan jari-jari 110 meter. Superelevasi emax sebesar 8% dengan perhitungan emin sebesar 9,8%. Untuk pelebaran pada tikungan diperoleh dari perhitunga sebesar 2,3 meter. Hasil tikungan diperoleh bentuk SCS di atas bedasarkan tinjauan kondisi lapangan yang relatif banyak pemukiman sehingga lahan yang tersedia untuk pembangunan sangat terbatas. Selain itu pada tikungan di berikan rambu-rambu batas kecepatan maksimum 60 km/jam demi faktor keamanan.en_US
dc.subjectJalan Tolen_US
dc.subjectGeometrik Rampen_US
dc.subjectTikunganen_US
dc.titlePerencanaan Geometrik Ramp Jalan Tol Binjailangsa Zona 1en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI PUTRI RAMAYANTI.pdf1.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.