Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1620
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNurjannah, Ika-
dc.date.accessioned2020-03-02T12:32:03Z-
dc.date.available2020-03-02T12:32:03Z-
dc.date.issued2018-02-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1620-
dc.description.abstractPenelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan sains anak kelompok B RA WILDAN MEDAN SUNGGAL. Hal ini mungkin dikarenakan media, metode dan strategi yang digunakan guru belum efektif dan kurang memotivasi minat belajar anak. Berdasarkan masalah di atas, diharapkan melalui kegiatan metode discovery learning dapat meningkatkan kemampuan sains anak. Dalam proses pelaksanannya penelitian yang bersubjek 15 anak dengan rincian 7 anak laki – laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi hasil karya. Alat yang digunakan adalah lembar instrument penilaian dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan melalui 3 siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak kelompok B pada prasiklus sebanyak 16.7%, pada siklus 1 meningkat menjadi 28.32%, pada siklus 2 meningkat menjadi 43.35% dan pada siklus 3 meningkat menjadi 83.33%. Perolehan persentase pada siklus 3 membuktikan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu kreativitas anak mengalami peningkatan ≥ 80%. Hal ini menyimpulkan bahwa kemampuan sains anak kelompok B RA WILDAN Medan Sunggal meningkat dengan baik.en_US
dc.subjectKemampuan sainsen_US
dc.subjectBermain metode discovery learningen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Discovery Learning Di Kelompok B Ra Wildan Medan Sunggalen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdfFulltext951.53 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.