Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16181
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRiandi, Dwi Andhika-
dc.date.accessioned2021-11-23T16:21:24Z-
dc.date.available2021-11-23T16:21:24Z-
dc.date.issued2021-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16181-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division di kelas X SMA PAB 6 Helvetia. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X Ipa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X ipa 1 sebagai kelas eksperimen I yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan kelas X ipa 2 sebagai kelas eksperimen II yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division. Instrumen berupa pretest dan posttest yang berbentuk essay dan sudah divalidasi oleh guru matematika SMA PAB 6 Helvetia dan 2 dosen jurusan matematika FKIP UMSU. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen I adalah dan nilai ratarata pretest kelas eksperimen II adalah dari hasil analisis data pretest berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen I adalah dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen II adalah dari hasil analisis data posttest berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan uji hipotesis pada pretest diperoleh thitung( ) berdasrkan kriteria –ttabel(-2,21)< thitung( )< ttabel(2,21). Maka Ho diterima sehingga tidak terdapat perbedaan pretest kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II. Dilakukan uji hipotesis pada posttest, diperoleh thitung( ) berdasarkan kriteria thitung( )< ttabel(2,21). Maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisionen_US
dc.titlePerbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dan Tipe Numbered Head Together di Kelas X SMA PAB 6 Helvetiaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DWI ANDHIKA RIANDI.pdf3.6 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.